Selasa, 08 Juli 2014

Ayo Kita Lihat.!! Ini Alasan Dunia Memantau Pilpres Indonesia

Jendela Dunia
Dengan Jendela Dunia Tambah Wawasan Dan Pengetahuan Anda Mengenai Dunia 
Food is Your Best Medicine

The natural approach to cancer, heart disease, obesity, and other chronic conditions.
From our sponsors
thumbnail Ini Alasan Dunia Memantau Pilpres Indonesia
Jul 9th 2014, 04:28, by noreply@blogger.com (Ramadi Raurel)

Dunia internasional tampaknya menunjukkan ketertarikannya terhadap pilpres Indonesia saat ini. Menurut pakar Hubungan Internasional LIPI, Ganewati Wuryandari, ada alasan yang membuat internasional tertarik dengan pesta demokrasi di Indonesia.

"Ini satu fenomena baru. Selama pemilu di Indonesia, baru kali ini ada dukungan dari kalangan artis internasional untuk salah satu capres," kata Ganewati kepada detikcom, Rabu (9/8/2014).

Artis internasional yang dimaksud adalah Sting, Arkarna dan sejumlah artis lainnya. Mereka memberi dukungan ke salah satu capres melalui akun media sosial.

"Dari perkembangan teknologi dan media sosial dimana informasi sangat cepat melewati batas negara dan berita mengenai pemilu Indonesia mudah juga diakses," ujar Ganewati.

Selain peran media sosial, Ganewati menduga pemilihan presiden baru setelah 10 tahun juga dinanti-nanti dunia. Dunia ingin melihat sejauh mana proses peralihan kekuasaan dan kedewasaan demokrasi di Indonesia.

"Ini pemilu yang menarik karena yang terpilih adalah presiden baru dan akan berdampak juga pada hubungan internasional. Demokrasi Indonesia menjadi perhatian mereka karena cukup dipandang berhasil setelah 32 tahun berada di bawah otoriter," ujar Ganewati.

"Saya pikir ini juga terkait dengan perbedaan sosok dan sifat dua pasangan capres-cawapres kita," tambahnya.

Menurut Ganewati, letak geografis Indonesia masih menjadi primadona untuk dunia internasional. Selain itu, kebijakan pemerintahan yang baru juga ditunggu-tunggu oleh negara sahabat seperti Australia.

"Tentu selain ASEAN itu ada Australia dan negara-negara besar yang memperhatikan pelaksanaan pilpres kita. Karena posisi geografis Indonesia sangat menguntungkan untuk bargaining dan kita juga memiliki penduduk yang juga besar. Mereka melihat latar belakang capres dan policy dari salah satu capres terpilih," tutup Ganewati.

Sumber

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions