Sabtu, 24 Mei 2014

Ayo Kita Lihat.!! "Tenggelam" di Samudra Pasifik, Sebuah Gunung Kini Ditemukan Kembali

Jendela Dunia
Dengan Jendela Dunia Tambah Wawasan Dan Pengetahuan Anda Mengenai Dunia 
Beer of the Month Club

Sign up for the club and get 12 hard-to-fiind microbrewed bottles of beer delivered each month. Makes a great gift, too!
From our sponsors
thumbnail "Tenggelam" di Samudra Pasifik, Sebuah Gunung Kini Ditemukan Kembali
May 25th 2014, 03:04, by noreply@blogger.com (Ramadi Raurel)


Ilmuwan menemukan gunung api bawah laut di Hawaii yang kini telah nonaktif. Gunung itu diyakini pernah menjulang hingga setinggi 915 meter di atas permukaan laut serta berperan dalam pembentukan Pulau Oahu.

Berdasarkan publikasi penelitian di jurnal Geological Society of America Bulletin bulan ini, gunung bawah laut bernama Kaena itu pernah aktif 5 juta tahun lalu di wilayah antara Pulau Oahu dan Kauai.

"Sebelumnya, kita berpikir bahwa kita telah mengetahui semua gunung api di Hawaii. Ini adalah satu yang kita tidak ketahui," kata John Sinton, geolog dari University of Hawaii di Manoa

Pulau Oahu merupakan pulau di mana ibu kota dan kota terbesar di Hawaii, Honolulu, berada. Sebelumnya, Oahu dipercaya terbentuk akibat adanya Gunung Waianae di sebelah barat dan Koolau di timur.

Dengan adanya penemuan ini, ilmuwan memperoleh petunjuk bahwa Oahu punya gunung lain di bagian barat, yaitu Kaena. Gunung yang baru ditemukan ini seiring waktu "tenggelam" di bawah permukaan Samudra Pasifik.

Meskipun Kaena adalah gunung yang terbentuk pertama, geolog memperkirakan bahwa Waianae lebih dulu muncul ke permukaan sekitar 3,9 juta tahun lalu. Kaena kemudian muncul ke permukaan 400.000 tahun kemudian, diikuti Koolau 500.000 tahun kemudian.

"Tiga juta tahun lalu, ketiga gunung muncul di permukaan," kata Sinton. "Pulau-pulau di sana selalu mengalami penurunan permukaan walaupun sedang berkembang. Sekali gunung api berhenti bererupsi, gunung-gunung itu akan tenggelam. Kita tak tahu kapan Kaena tenggelam," imbuhnya.

Hingga kini, ilmuwan masih menyelidiki mengapa Kaena menjadi tidak aktif dan akhirnya tenggelam, serta kapan persisnya kejadian itu. Ilmuwan melihat pembentuk lava dan jejak erosi.
Sumber

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions