Rabu, 12 Maret 2014

Ayo Kita Lihat.!! Retakan dan Korosi Pernah Ditemukan pada Sejumlah Pesawat Boeing 777

Jendela Dunia
Dengan Jendela Dunia Tambah Wawasan Dan Pengetahuan Anda Mengenai Dunia 
Save on Cookie Cutters.

100 shapes on sale, up to 40%, at Sur La Table!
From our sponsors
thumbnail Retakan dan Korosi Pernah Ditemukan pada Sejumlah Pesawat Boeing 777
Mar 13th 2014, 03:47, by noreply@blogger.com (Ramadi Raurel)


Badan transportasi udara Amerika Serikat telah mengingatkan sekitar 5 bulan lalu mengenai potensi kelemahan dalam pesawat tipe Boeing 777 di seluruh dunia, yang bisa membahayakan pesawat jika tidak diperiksa.

Badan Penerbangan Federal AS, FAA pada September 2013 lalu melaporkan, retakan dan korosi ditemukan pada kulit badan pesawat sejumlah pesawat Boeing 777 yang berumur antara 6 tahun hingga 16 tahun.

Retakan tersebut bisa menimbulkan dekompresi cepat dan "hilangnya keutuhan struktural pesawat".

"Kami menerima laporan retak dan korosi pada kulit badan pesawat di bawah antena adaptor SATCOM," demikian laporan FAA.

Menindaklanjuti temuan itu, FAA mengeluarkan panduan Airworthiness Directive (AD) pada 26 September 2013. Isinya, meminta pemeriksaan tambahan pada semua Boeing 777 di seluruh dunia agar dilakukan selama perawatan rutin. Pemeriksaan tersebut harus dilakukan berulang kali untuk memeriksa adanya retakan, korosi di kulit badan pesawat.

"Kami mengeluarkan AD ini untuk mendeteksi dan memperbaiki retakan dan korosi di permukaan badan pesawat, yang bisa menimbulkan dekompresi cepat dan hilangnya keutuhan struktural pesawat," ujar FAA.

Dijelaskan FAA, retakan pertama ditemukan sebuah maskapai pada sebuah pesawat Boeing 777 berumur 14 tahun yang telah melakukan sekitar 14 ribu kali penerbangan. Setelah temuan itu, maskapai tersebut memeriksa 42 pesawat lainnya yang berumur antara 6 dan 16 tahun dan menemukan sejumlah korosi lokal, namun tak ada retakan. Tidak disebutkan maskapai yang dimaksud

Pesawat Boeing 777-200 milik maskapai Malaysia Airlines MH370 yang hilang pada 8 Maret lalu, dibeli pada tahun 2002. Menurut database di Aviation Week, pesawat dengan nomor registrasi 9M-MRO itu diserahkan kepada MAS pada 31 Mei 2002 lalu. Itu artinya pesawat MAS MH370 tersebut telah berumur nyaris 12 tahun. Pesawat itu telah melakukan 53.465 jam terbang dan 7.525 kali penerbangan.

CEO MAS Ahmad Jauhari Yahya menegaskan, pesawat MH370 baru melakukan perawatan rutin 10 hari sebelum dilaporkan hilang dan tak ada masalah yang dilaporkan pada pesawat itu. Dikatakannya, pemeriksaan dilakukan pada 23 Februari di hangar Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia.

Ahmad menegaskan, armada Boeing 777 merupakan pesawat yang sangat dipercaya oleh maskapai MAS. Para pakar sebelumnya juga telah mengatakan bahwa pesawat Boeing 777 merupakan salah satu pesawat paling aman di dunia.
Sumber

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions