Senin, 17 Februari 2014

Keren.!! Ini Adalah Jejak Kaki Yang Berusia 800.000 Tahun

Jendela Dunia
Dengan Jendela Dunia Tambah Wawasan Dan Pengetahuan Anda Mengenai Dunia 
Beer of the Month Club

Sign up for the club and get 12 hard-to-fiind microbrewed bottles of beer delivered each month. Makes a great gift, too!
From our sponsors
thumbnail Ini Adalah Jejak Kaki Yang Berusia 800.000 Tahun
Feb 18th 2014, 00:42, by noreply@blogger.com (Ramadi Raurel)


Puluhan jejak kaki manusia purba ditemukan di Norfolk, Inggris. Usia jejak kaki itu lebih dari 800.000 tahun.

Ilmuwan mengungkapkan, jejak kaki itu adalah jejak tertua yang ditemukan di luar Afrika. Temuan ini bisa mengubah sejarah manusia bermigrasi ke luar benua itu pada masa lalu.

Jejak kaki itu tepatnya ditemukan di wilayah berlumpur seluas 40 meter persegi. Total jumlah jejak kaki yang ditemukan 50 buah.

Menurut ilmuwan, jejak kaki itu sudah ada sejak zaman es. Jejak itu lalu tersembunyi karena tertutupi es dan tanah liat.

Secara tentatif, ilmuwan mengungkapkan bahwa jejak kaki itu berasal dari masa 950.000-850.000 tahun lalu. Namun, studi masih diperlukan untuk mengonfirmasinya.

Dipaparkan iflscience.com,ilmuwan menduga bahwa jejak kaki itu adalah milik spesies Homo antecessor, spesies antara H ergaster dan H heidelbergensis.

Ukurannya menunjukkan bahwa jejak kaki itu milik individu dengan beragam variasi umur, kebanyakan dua laki-laki dewasa, tiga perempuan dewasa, dan sekitar empat anak.

Penemuan jejak manusia purba ini adalah hasil studi Nick Ashton serta British Museum dan rekannya. Temuan dipublikasikan di jurnal PLOS ONE

Jejak kaki manusia purba itu sebenarnya masih bisa diselidiki lebih lanjut. Namun, kini jejak kaki itu terancam oleh erosi.

Ilmuwan telah memotret jejak kaki itu dalam tiga dimensi. Namun, jejak sudah mengalami kerusakan, dan banyak yang tak jelas.

Saat ini dipercaya bahwa manusia keluar dari Afrika pada 200.000 tahun lalu. Bila terbukti bahwa jejak manusia purba ini berusia 800.000 tahun, maka sejarah migrasi manusia harus direvisi.
Sumber

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions