Kamis, 21 November 2013

Wow..!! Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Jendela Dunia
Dengan Jendela Dunia Tambah Wawasan Dan Pengetahuan Anda Mengenai Dunia 
Shop Tervis tumblers.

Create a one of a kind personalized gift. It's fun and easy to design!
From our sponsors
thumbnail Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan
Nov 22nd 2013, 01:20, by noreply@blogger.com (Ramadi Raurel)


Sebagai masyarakat yang hidup di negara beriklim tropis, tentu kita sangat akrab dengan buah nanas. Bukan hanya manis dan segar, nanas memiliki kandungan enzim yang bermanfaat untuk banyak hal dalam kehidupan, mulai dari untuk mengempukkan daging, sampai untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Enzim tersebut adalah enzim pemecah protein bernama enzim bromelain.

"Ada banyak manfaat nanas, untuk meredakan inflamasi, penyembuhan luka (post operative, atau luka bakar), menaikan serapan obat antibiotik, hingga antivirus yang kini masih diuji lebih jauh," ungkap Tutun Nugraha, PhD., Direktur Center CHMI (Comprehensive Herbal Medicine Institute), Surya University, Indonesia

Bromelain, imbuh Tutun, juga telah diketahui mengurangi pengentalan darah dengan mencegah platelet darah beragregasi dan menyebabkan pengentalan/penyumbatan. Jadi bisa mengurangi risiko stroke, terutama pada penderita kolestrol tinggi, penyumbatan pembulu darah, dan diabetes. Selain itu, bromelain juga mampu menurunkan kemampuan E. Coli untuk menempel pada dinding usus, sehingga risiko terkena infeksi E. Coli seperti sakit pada saluran pencernaan/diare dapat dikurangi.

"Bila ditujukan untuk pengobatan, justru nanas yang masih agak hijaulah yang terbaik, karena kandungan enzim bromelain-nya yang tertinggi. Terutama perlu diperhatikan, enzim ini terutama ada di bonggolnya sekitar 65 persen, dan sisanya (35 persen) ada pada dagingnya yang biasa kita makan," papar Tutun.

Cara mengonsumsi nanas ini pun beragam. Mulai dari memakannya langsung atau membuatnya menjadi jus. Bila kurang menyukai rasa asamnya, Tutun menyarankan untuk menambahkannya dengan gula pasir. Namun Tutun tidak menyarankan memasak nanas, karena enzim bromelain akan rusak sehingga manfaatnya bagi tubuh menjadi tidak optimal.

Ia pun mengakhiri dengan menyarankan, "Dalam beberapa uji pengobatan yang pernah kami lakukan, kami merekomendasikan 2 gelas jus nanas segar per hari, dan tidak ada efek samping sejauh ini. Juga harus menggunakan nanas segar, jadi bukan nanas kalengan misalnya."
Sumber

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions