Sabtu, 06 Juli 2013

Wow..!! Ditemukan ! Iklan Yang Berumur 200 Tahun

Changes are afoot at Blogtrottr!
By popular request, we're bringing in paid plans with some cool new features (and more on the way). You can read all about it in our blog post.
Jendela Dunia
Dengan Jendela Dunia Tambah Wawasan Dan Pengetahuan Anda Mengenai Dunia
thumbnail Ditemukan ! Iklan Yang Berumur 200 Tahun
Jul 7th 2013, 02:03, by noreply@blogger.com (Ramadi Raurel)



Ikan yang belum lama ini ditemukan seorang warga Seattle bernama Henry Liebman kemungkinan memecahkan rekor sebagai ikan tertua. Umurnya diperkirakan 200 tahun.

Jenis ikan tersebut biasa disebut dalam bahasa Inggris shorttrajer rockfish atau dengan nama ilmiah Sebates borealis.

Umur ikan tersebut memecahkan rekor ikan tertua sebelumnya, yakni 175 tahun. Troy Tydingco dari Alaska Department of Fish and Game mengungkapkan bahwa ikan sejenis yang ditemukan sebelumnya lebih kecil dari yang ditemukan Liebman.

"Ikan itu berukuran panjang 83 cm, sedangkan yang ditemukan Henry berukuran 104 cm. Jadi, ikan yang ditemukannya memang bisa jadi lebih tua," kata Tydingco

Bagaimana umur ikan tersebut bisa diketahui dengan cermat? Ilmuwan menentukan umur ikan tersebut berdasarkan struktur tulang telinga yang disebut otolith. Tulang tersebut punya lingkaran tahunan yang menunjukkan usia.

Tidak hanya mengagetkan karena usianya yang sangat tua, ikan tersebut juga masih membuat penasaran para ilmuwan.

Usia hidup hewan masih menjadi teka-teki hingga kini. Ada pandangan bahwa hewan berukuran kecil cenderung punya umur lebih panjang karena ukuran besar meningkatkan peluang pertumbuhan sel abnormal dan kanker. Sementara ikan tersebut bisa tumbuh cukup besar.

Ikan yang ditangkap Liebman sendiri selain menjadi ikan tertua juga menjadi rockfish terbesar yang pernah ditemukan. Beratnya mencapai 17,73 kilogram.

Meski demikian, ikan tersebut bukanlah hewan tertua yang pernah ditemukan. Hewan tertua yang pernah ditemukan adalah kerang quahog dari perairan Islandia. Hewan lunak kecil itu diperkirakan berumur 400 tahun.
Sumber

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions